RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /
Semester : IV (Empat) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
Menjumlahkan pecahan
C.
Indikator
Ø Menjumlahkan 2 pecahan berpenyebut sama
Ø Menjumlahkan 3 pecahan berpenyebut sama
D.
Tujuan Pembelajaran
Ø Agar siswa mampu menjumlahkan 2 pecahan berpenyebut sama
Ø Agar siswa mampu menjumlahkan 3 pecahan berpenyebut sama
Ø Pendidikan karakter bangsa yang diharapkan :
Jujur, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab
E.
Materi Pembelajaran
Penjumlahan pada pecahan
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Latihan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
a.
Guru
mengkondisikan kelas agar siswa siap belajar
b.
Guru
mengucapkan salam
c.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari
d.
Apersepsi
Ø Guru mengulas kembali materi sebelumnya
Ø Guru memotivasi siswa agar semangat belajar
2.
Kegiatan Inti (40 Menit)
Eksplorasi
a.
Guru
bertanya jawab tentang materi yang akan disampaikan
b.
Siswa
mendengarkan, menyimak dan memperhatikan penjelasan guru
Elaborasi
a.
Siswa
melakukan operasi hitung pecahan dengan bimbingan guru
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
Ø Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi tang telah
disampaikan, dan meluruskan kembali kesalahpahaman serta memberikan penguatan
kepada siswa
3.
Kegiatan Penutup (20 Menit)
a.
Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari
b.
Guru
memberikan tugas
c.
Guru
memberikan motivasi dan menutup pelajaran dengan mengucap salam
H.
Alat dan Sumber Belajar
Alat : Karton
Sumber Belajar : Metematika untuk SD kelas IV oleh Tim
Bina Karya Guru Penerbit Erlangga Hal. 174 dan Matematika untuk SD / MI Kelas
IV oleh Fathul Anam, Maria Pretty, Suryono. Penerbit Departemen Pendidikan
Nasional Tahun 2009 Hal 146
I.
Penilaian
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
soal
|
Ø Menjumlahkan 2 pecahan berpenyebut sama
Ø Menjumlahkan 3 pecahan berpenyebut sama
|
Tertulis
|
Essay
|
1.
½ + ½ = . . .
2.
1/5 + 3/5 = .
. .
3.
5/6 + 3/6 = .
. .
4.
4/7 + 3/7 = .
. .
5.
3/10 + 5/10 =
. . .
6.
2/7 +3/7 +1/7
= . . .
7.
3/2 + ½ + ½ =
. . .
8.
2/9 + 3/9 +
8/9 = . . .
9.
7/12 + 3/12
+1/12 = . . .
10. 2/14 + 3/14 + 1/14 = . . .
|
J.
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
2/2
|
10
|
2
|
4/5
|
10
|
3
|
8/6
|
10
|
4
|
7/7
|
10
|
5
|
8/10
|
10
|
6
|
6/7
|
10
|
7
|
5/2
|
10
|
8
|
13/9
|
10
|
9
|
16/12
|
10
|
10
|
6/14
|
10
|
Format kriteria penilaian
Catatan : Nilai = (jumlah
skor : jumlah skor maksimal) X 100
Guru Pamong
|
|
Metro, 18Februari
2013
Guru
Praktikan
Ari Prasetyo
NPM. 0951495
|
|
Mengetahui
Kepala
Madrasah
............................................
|
|
0 komentar:
Posting Komentar